Rabu, 03 Juni 2009

PEPERANGAN UNTUK KESETIAAN

Bumi kita hidup seperti panggung sandiwara dalam alam semesta, merupakan tempat utama iblis menantang keunggulan Allah atas ciptaan-Nya. Penduduknya sasaran dari apa yang disebut konteks antara iblis dan Allah untuk memperoleh ketaatan dan penyembahan. Perselisihan ini sangat hebat,sehingga Alkitab menyebutnya "peperangan",dan manusia berada ditengah-tengahnya.
Iblis benci setiap orang-bahkan hanya satu orangpun menyembah Allah dan mengasihi-Nya dengan sungguh-sungguh.Salah satu keinginan iblis seandainya ia dapat, tak seorangpun sungguh-sungguh mengasihi Allah dan terus menerus mempercayai Dia. Oleh karena itu,Allah membiarkan seorang pria bernama Ayub,bertahan menghadapi ujian kesengsaraan.Allah mengetahui bahwa Ayub tidak akan gagal atau jatuh.
Kegiatan iblis yang utama itu bumi serta lingkungannya pun mempunyai jalan untuk menghadap Allah.Ayub 1:6-8.Jawaban iblis memberikan suatu pandangan sekilas mengenai tabiatnya.Kombinasi sempurna antara ejekan,ketidakpercayaan,tuduhan dan kebencian, dinyatakan dalam pembicaraan itu.Disini kita lihat suatu batas kegiatan iblis terhadap Ayub yang sangat mengecewakan iblis.Ia tidak dapat membujuk Ayub,karena Allah "membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala miliknya" .Pagar suatu batas tidak kelihatan, yang didirikan oleh sabda Allah, dan iblis serta roh-roh jahatnya tidak dapat melalui batas itu.Iblis telah menuduh Ayub telah menyembah Allah untuk memperoleh keuntungan.Iblis meminta Allah untuk membinasakan Ayub.....
Maka firman Tuhan kepada iblis: Nah, segala yang dipunyainya ada dalam kuasamu.Hanya....Ayub 1:10-12...Kemudian, pergilah iblis dari hadapan Tuhan.
Iblis memiliki apa yang diinginkannya.Ia yakin dapat membuktikan Ayub bukanlah orang yang menyembah Allah tanpa pamrih.Ayub mengalami serentetan malapetaka dalam satu kegiatan langsung dari iblis.Sekelompok orang Syeba merebut hartanya,mencuri ternaknya,membunuh penjaganya.Orang Kasdim tiga pasukan menyerang dan merampas hartanya.Tiba-tiba manusia melakukan, tapi iblis yang bekerja dibelakang mereka.Api membakar kambing domba dan penjaga-penjaga.Angin ribut bertiup dari seberang padang gurun; rumah itu dilanda dari empat penjuru, roboh menimpa orang-orang muda itu mati.Kekuatan alam, tetapi iblis yang bekerja dibelakangnya.
Kata-kata Ayub dalam Ayub pasal 1:20,21 bertentangan dengan tuduhan iblis!. Ayub menghadapi ujian itu,"tetap tekun dalam kesalehannya".Tapi iblis tidak menyerah kalah.Merasa tidak puas,jawaban iblis; "kulit ganti kulit.......ia pasti mengutuki Engkau dihadapan-Mu".Maka firman Tuhan kepada iblis: "Nah, ia dalam kuasamu.Hanya, sayangkan nyawanya....".Ayub 2:4-6.Sekali lagi batasan terhadap iblis ditiadakan.Nyawa orang tidak boleh diganggu.Iblis menimpa tubuh Ayub dengan barak yang busuk.Istri Ayub memandang dan berkata; "masih bertekunkah engkau dalam kesalehanmu?,kutukilah Allahmu dan matilah".Nasihat iblis yang keluar dari mulut istrinya.Perhatikan kata-kata yang pernah diucapkan dihadapan tahta Allah disorga,"mengutuk Allah".
Pada saat inilah dalam keadaan genting,saat Ayub dicobai,juga saat iblis berbantah-bantah dengan Allah mengenai Ayub,-istrinya mendesak dia, dan mengatakan dengan tepat apa yang diinginkan iblis,yaitu Ayub mengutuk Allah.Semua ucapan istri Ayub, telah ditaruh dalam pikiran dan mulutnya atas dorongan iblis.Namun Ayub tidak berbuat dosa dengan mulutnya.
Akhir dari semuanya, kemenangan bagi Allah dan bagi Ayub, dan kekalahan yang benar-benar bagi iblis.
Iblis mengerti,ada seseorang didunia ini yang mengasihi Allah,semata-mata karena Allah.

ASAL MULA IBLIS
Rencana Iblis selamanya menarik manusia dari Allah, menggunakan segala cara mencapai tujuannya dengan berdusta, menipu, mengaburkan pokok persoalan, sehingga manusia tidak mengerti mempunyai bagian dalam pertentangan antara Allah dan iblis.Allah adalah pencipta segala sesuatu yang ada.Iblis adalah perusak, tidak dapat menciptakan sesuatu.Merusak banyak hal.Merusak ciptaan Allah sebanyak mungkin,berusaha menyerahkan manusia untuk tujuan itu.Iblis butuh manusia.
Setiap orang harus memilah-milah kehendak iblis atau kehendak Allah.Melakukan kehendak iblis,menjadi tunduk kepada iblis,menghabiskan waktu yang kekal dalam lautan api yang disediakan Allah sebagai tempat penghukuman iblis yang tiada akhirnya.Wahyu 20:10.Tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.I Yohanes 2:17.
Allah memanggil manusia untuk membuat keputusan.Yosua 24:15.
Walaupun iblis berkuasa didunia,namun dia bukan tokoh universal.Ia bukan semacam roh yang sederajat dengan Allah. Dalam suatu uraian yang bersifat kiasan, iblis dikatakan dalam kitab Ayub dalam istilah; tiada taranya diatas bumi....ia adalah raja atas segala binatang yang ganas. Ayub 41:24,25.
Iblis, asal mulanya tidak jahat.Mahluk hidup yang sangat cantik.Yeh 28:12-17.Berbuat dosa jatuh kedalam perbuatan jahat, dan diusir dari tempat pelayanannya yang tinggi disorga.Yes 14:12-17,"Aku hendak mendirikan tahtaku mengatasi bintang-bintang......hendak menyamai Yang Maha Tinggi".
Iblis Bukan hamba Allah biasa.Salah satu dari malaikat-malaikat yang punya kedudukan.Diciptakan dan diangkat untuk menempati kedudukan sebagai pemimpin.Sangat cantik sehingga disebut "putra fajar". Atas dasar kecantikannya,kedudukan tertinggi dan kesempurnaanya, Ia tidak tunduk lagi dibawah perintah Allah.Mau menjadikan dirinya untuk lebih dari Allah.Itu kejahatan dalam hatinya,ingin menggantikan Allah.Itu adalah ambisi iblis yang membinasakan.
Kemauan,kemegahan diri sendiri,merupakan kehancuran iblis.Lima kali iblis mengatakan"aku hendak"dalam perlawanan yang nyata terhadap Allah.Menegaskan,ia akan melakukan sesuatu untuk kepentingannya sendiri dengan melanggar kepentingan Allah.Rencana iblis bagi dirinya sendiri menurunkan supremasi Allah menjadikan dirinya pusat alam semesta.Itu merupakan tawaran mustahil.Tapi ia berhasil menjadi yang jahat,membuat bumi gemetar,kerajaan-kerajaan bergoncang,membuat dunia seperti padang gurun.Iblis berhasil menarik mahluk-mahluk yang intelegen,untuk mengikuti dia dalam usaha penghancuran ini.
Iblis pemimpin rohani semua orang yang tidak menyembah,mentaati,mengikuti Allah dengan giat,sungguh-sungguh,dengan cara yang sesuai kehendak-Nya,"dengan roh dan kebenaran".
"Allah adalah Roh.Dan barangsiapa yang menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran".Yoh 4:24. Mereka yang berbuat dosa apapun bentuknya,bukan anak-anak Allah.Mereka adalah pengikut iblis.
Pendapat,"kita semua adalah anak-anak Allah",sama sekali bukan berdasarkan Alkitab.Jelas sekali Alkitab membagi umat manusia menjadi 2 golongan: anak-anak Allah,dan anak-anak Iblis.Menjadi anak-anak Allah bukan karena turunan.Kita mewarisi dosa dari Adam.Ada dibawah kuasa dosa,dan pengaruh iblis karena dosa.Kita pada dasarnya anak-anak durhaka,Efesus 2:3b. Iblis,"ilah zaman ini" ialah penyebar agama palsu yang menyatakan "semua adalah anak-anak Allah"Itu dusta,dan bertentangan dengan firman Tuhan.Mereka yang mempercayai itu,sebenarnya menipu diri mereka sendiri.
Yesus berbicara pada sekelompok ahli agama yang sedang menyesatkan orang-orang: Iblislah yang menjadi bapamu,dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu.Yohanes 8:44a.
Setiap orang yang lahir dari Allah,tidak berbuat dosa lagi sebab benih ilahi tetap ada didalam dia......Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak iblis. I Yoh 3:9,10.Kita bukan anak-anak Allah menurut sifat.Kita tidak punya kuasa menjadikan diri kita anak-anak Allah.Baca Yoh 1:10-13.
Dalam menyatakan diri,iblis menyamar.Alkitab menyatakan,bahwa iblis pun menyamar sebagai malaikat terang. II Kor 11:14. Ia tak pernah memperlihatkan dirinya dengan sifat sebenarnya.Kemenangan politik iblis sangat sedikit mengenai dia didunia ini.Dimana ia mensponsori banyak kejahatan,kehancuran dan maut.Alkitab sangat jelas menyatakan,"Seluruh dunia berada dalam kuasa sijahat".I Yoh 5:19b.Dalam kegiatan memberontak melawan Allah,tawaran untuk menghancurkan manusia, iblis tidak sendirian.

MALAIKAT-MALAIKAT IBLIS
Iblis mempunyai malaikat-malaikat yang melakukan kehendaknya. Alkitab menyebutnya roh jahat atau setan.Tidak ada realitas yang paling mengerikan dihadapi eksistensi manusia daripada realitas setan. Setan adalah musuh Allah dan musuh manusia yang tidak kelihatan.Tak henti-hentinya mereka melawan Allah dan melawan segala kepentingan manusia yang terbaik.Penganut-penganut mereka sekarang terasa disekitar kita.Firman Tuhan mengingatkan kita pengaruh-pengaruh ini akan berlipat ganda cepat sekali.Tidak mempedulikan siapa manusia itu.Alkitab merupakan sumber yang cermat mengenai apa dan siapa supernatural itu.Memberi cahaya pada kegelapan dimana setan itu berada dan menyatakan diri.
Melalui firman Allah,setan dapat disingkapkan,diidentifikasi,serta diusir oleh manusia.Mereka juga dapat dilawan secara intelegen dan efektif.
Setan-setan tidak dicap sebagai setan.Asal mulanya adalah malaikat-malaikat Allah sama dengan iblis.Setan-setan adalah malaikat-malaikat yang terkutuk, yang mengikuti iblis dan melakukan kehendaknya.Semua malaikat adalah hamba-hamba Allah.Iblis menimbulkan perpecahan diantara mereka.Kebanyakan tetap taat kepada Allah,yang lain mengikuti iblis.baca 2 Petrus 2:4.Yudas 6.
Setan-setan merupakan pribadi-pribadi.Mempunyai nama,seperti mahluk roh lainnya,tidak dapat dilihat manusia.Memiliki kecakapan-kecakapan sama dengan yang dimiliki malaikat-malaikat,tapi menggunakanya untuk maksud jahat.
Masing-masing roh jahat mempunyai kepandaian,kepribadian,kemauan,sifatnya sendiri.
Roh-roh jahat adalah suatu istilah yang tepat bagi setan,karena mereka adalah roh-roh,mahluk hidup yang tidak kelihatan-tekun berbuat jahat.Pekerjaannya, merusak manusia secara moral,spiritual,fisik dan mental.
Kata malaikat sendiri berarti "utusan".Malaikat-malaikat yang kudus adalah utusan Allah.Setan-setan adalah ular iblis yang mendorong manusia "untuk percaya yang tidak benar".
Firman Tuhan menjelaskan setan mempunyai "ajaran" atau sistem pengajaran rohani, yang diberi kepada manusia, yang berlawanan dengan kebenaran.Doktrin-doktrin palsu mengenai yang kekal,Kasih,reinkarnasi penyembahan diri,pertapaan jalan kepada Allah, dan banyak hal lainnya.Semua ajaran ini dusta yang disuguhkan sebagai kebenaran.Firman Tuhan mengingatkan kita,waspada terhadap maksud-maksud setan.I Tim 4:1.
Kuasa roh jahat yang tidak kelihatan menyeret umat manusia.Akan sangat berbahaya bila kita tidak tahu siapa mereka dan apa yang mereka lakukan. 1 Yoh 4:1-3.
Dunia ini ada dibawah kuasa iblis dan pasukan malaikatnya.Iblis disebut "ilah zaman ini" dan "penguasa kerajaan angkasa".Bersama iblis diantara setan-setan itu ada penghulu-penghulu setan yang menjadi pembantu-pembantu dekatnya,bekerja sama tak henti-hentinya melawan kehendak Allah.
Contoh: Jelas dalam kitab Daniel, nabi Israel yang ditawan diBabel menyampaikan serangkaian nubuat mengenai kerajaan orang kafir,kerajaan Persia, dan mengenai nasib orang Israel "pada hari-hari yang terakhir".Apa yang ditujukannya penting sekali.Daniel berdoa dan berpuasa selama tiga minggu penuh.Sebagai jawaban,Seorang utusan datang dari sorga kepada Daniel.
Pada waktu orang yang berpakaian lenan itu menampakkan diri, Daniel menulis "Berdirilah aku dengan gemetar.Lalu katanya kepadaku,janganlah takut Daniel,Sebab sudah didengarkan perkataanmu,sejak hari pertama engkau berniat.......dihadapan Allahmu......Pemimpin orang Persia berdiri 21 hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang pemimpin-pemimpin terkemuka,datang menolong aku......lalu aku datang untuk membuat engkau mengerti apa yang akan terjadi pada bangsamu,pada hari-hari terakhir.Daniel 10:11-14a.
Yang mengherankan adalah,Pengunjung dari sorga itu mendapat kesulitan datang kedunia.Doa Daniel,telah didengar pada hari pertama.Pengunjung dari sorga datang pada hari pertama.Tapi pada waktu ia mencapai atmosfir bumi,raja Persia berdiri 21 hari,menentang.Daniel tetap berdoa dan berpuasa selama waktu itu.
Perhatikan,Mikhael pemimpin malaikat-malaikat Allah,berpihak kepada Pengunjung dari sorga.Suatu keadaan darurat bagi "penguasa kegelapan didunia ini",berusaha keras menghalangi kunjungan penting ini.Mikhael datang dan melawan pemimpin kerajaan persia itu.Seorang pemimpin malaikat,melawan seorang pemimpin roh jahat.Sehingga Pengunjung itu bebas untuk melanjutkan perjalanan-Nya kepada Daniel.
Daniel mengambil bagian dalam peperangan ini.Doanya yang sungguh-sungguh yang membuat Pengunjung itu datang."Aku datang oleh karena perkataan itu",untuk memberitahukan informasi yang penting tentang masa depan bangsa Israel.
Bagian cerita Daniel mengungkapkan kenyataan perlawanan roh-roh jahat terhadap maksud-maksud Allah.Kita tidak boleh meremehkan peperangan itu.Karena peperangan ini berlangsung terus pada zaman sekarang dengan lebih kejam dan mulai mempengaruhi kita langsung atau tidak langsung.Peperangan itu mulai mempengaruhi bangsa kita dengan cara yang nyata dan menggelisahkan.

Seseorang yang berdoa,belum tentu berperang.....Tapi Seorang yang berperang,Pasti Berdoa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar